Mari Berkunjung Ke Jepang Untuk Nikmati Festival Budayanya

Jepang memang sebuah negara yang  memiliki sejumlah keunikan, begitu banyak hal yang bisa kita bahas mengenai Jepang. Mulai dari teknologi baru di Jepang, kuliner jepang, harga kamar hotel di Jepang, hingga bagaimana kebudayan mereka.

Jepang merupakn salah satu negara yang berhasil menarik banyak wisatawan karena kepopuleran budayanya, salah satu kegiatan di Jepang yang banyak di nantikan oleh para wisatawan maupun warga Jepang sendiri adalah festival budaya di yang diselenggarakan di Jepang tiap tahunnya. Berikut daftar festival budaya yang diselenggarakan di Jepang tiap tahunnya :

  • Festival Matsuri

Matsuri menurut pengertian agama shinto berarti ritual yang dipersembahkan untuk kami, sedangkan menurut pengertian sekularisme berarti festival, perayaan atau hari libur perayaan.  Sebagian besar festival matsuri ini diadakan dengan maksud mendoakan keberhasilan panen serta kesuksesan dalam bisnis, kesembuhan dari penyakit, keselamatan dari bencana, serta sebagai ucapan terima kasih telah berhasil menyelesaikan suatu tugas yang berat. Secara tradisional , festival diadakan untuk menyembah leluhur dewa.  Pada penyelenggaraan festival Matsuri hampir selalu bisa ditemukan ditemui prosesi atau arak-arakan Mikoshi, dashi dan yatani yang semuanya merupakan nama kendaraan yang berisikan objek pemujaan.

Festival Matsuri memiliki tiga festival besar yaitu Gion Matsuri, Tenjinmatsuri dan kanda Matsuri. Pada festival ini tentunya kamu bisa menikmati berbagai prosesi yang bersangkutan dengan kebudayaan jepang, serta berbagai warung makanan yang menyuguhkan makanan seperti takoyaki, gulali, mie yakisoba dan lain sebaginya. Banyak juga wahana mainan yang patut di coba pastinya  jika kamu bepergian dengan kelompok kalian harus saling menjaga karena festival ini selalu ramai tiap tahunnya jangan sampai kamu tersesat ya.

Mulai penasaran? Ayo pesan tiket pesawat lion air di Reservasi.com dan terbang langsung ke Jepang, namun pas kan waktu dengan kapan festival ini diselenggarakan yaitu di awal hingga akir Juli.

  • Setsubun

Setsubun diadakan pada tanggal 3 februari , hari sebelum musim dingin berubah menjadi musim semi.  Setsubun merupakan upacara yang diadakan untuk mengusir pengaruh yang merusak atau setan serta diperuntunkan untuk membawa keberuntungan. Yang uniknya pada hari upacara setsubun di adakan di rumah-rumah warga biasanya memiliki kebiasaan dengan menyebar kacang panjang sambil berterika “Oni wa soto, fuku wa uchi!” ( iblis keluar, keuntungan masuk). Kamu bisa melihat-lihat prosesi setsubun sambil menikmati jajanan.

  • Sapporo Yuki Matsuri ( Festival Salju)

Sapporo merupakan nama kota terbesar di Hokkaido, kota ini merayakan salju di awal bulan Februari setiap tahunnya. Di taman odori kamu bakal terpukau dengan lebih dari 150 patung besar yang terbuat dari salju dan es. Patung-patung ini terdiri dari beragam bentuk mulai dari tokoh terkenal hingga tokoh kartun,  kamu sebaiknya mengunjunginya saat malam karena keindahannya akan bertambah dengan adanya lampu sorot yang membuat patung-patung tersebut semakin megah.  Kamu juga bisa menikmati wahana permainan, jajanan, konser dll.

  • Yakote Kamakura

Di Provinsi Akita kamu bisa menikmati hal unik saat musim dingin, disini sebuah kamakura kan dibuat dengan memadatkan salju lalu dilubangi ditengahnya sehingga akan berbentuk rumah yang nyaman, seperti rumah Eskimo. Anak-anak kecil sangat menyukai hal ini terlebih lagi biasanya akan ada kue beras yang berbentuk lucu dan ama-zake ( minuman manis dari fermentasi beras).

  • Ganjitsu ( tahun baru)

Tahun baru tentunya dirayakan meriah di setiap negara, jika kamu berkunjung ke Jepang saat tahun baru , berarti waktunya kamu menyantap o-sechi ryori yaitu makanan khusus yang dipersiapkan selama tiga hari pertama saat tahun baru  ( tiga hari ini disebut dengan san-ga-nichi). Makanan-makanan yang disajikan diperuntunkan untuk kebahagian misalnya  mame (kacang kedelai hitam) yang diharapkan semua orang menjalankan kehidupan yang sehat. Ada juga kazu no ko ( telur ikan hering) yang berarti banyak anak yang ditujukan agar semua keturunan makmur.

Ada kemungkinan bila sedang ada festival tahun baru, harga kamar hotel akan meningkat, karena ramai wisatawan yang berkunjung, siapkan budget lebih ya.

  • Seijin no hi (Hari Usia Dewasa)

Kegiatan ini termasuk kegiatan yang unik di negara sakura ini, di jepang saat berumur 20 tahun seseorang secara resmi dianggap tekah dewasa. Mereka baru diizinkan mengambil suara, merokok, minum alkohol. Hari usia dewasa merayakan mulainya masa dewasa bagi orang-orang yang mencapai usia 20 tahun pada tahun tersebut. Kamu bisa melihat pada upacara di daerah-daerah diseluruh negeri pria akan memakai jaz resmi dan para wanita akan menggunakan kimono. Mereka akan mendengarkan upacara yang bertujuan untuk menanamkan kesadaran kepada mereka sebagai orang dewasa.

  • Festival Inukko

Festival ini juga diadakan pada saat musim salju di provinsi Akita. Disini kamu bisa menjumpai patung-patung anjing yang terbuat dari salju dan tempat unik lainnya, festival ini merupakan saat yang menyenangkan untuk menikmati musim salju di jepang .

  • Hina Matsuri ( Festival Boneka)

Selanjutnya pada tanggal 3 bulan maret kamu bisa menikmati festival boneka. Kamu akan menjumpai anak-anak perempuan yang menempatkan boneka yang mengenakan rok tradisional resmi, untuk menghiasi bagian rumah dengan tujuan meminta kesehatan dan kebahagian.

  • Upacara O-mizu Tori

 Upacara ini diadakan di aula Nigatsu-do, kuil Todai-ji, Nara. Festival ini juga sangat unik dan penting pada saat tanggal 12 Maret kamu dapat menonton obor Taimatsu yang sangat besar dan dibawa mengeliligi aula.

Ayo berangkat ke Jepang tahun depan untuk menikmati ragam festival tersebut, masalh tiket jangan khawatir, pesan tiket pesawat lion air di Reservasi.com mulai dari sekarang, sekalian kamu juga dapat cek harga kamar hotel untuk penginapan kamu nantinya.

Separator image Posted in Wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *